Membuat Spoiler di Blog UNIKOM

Posted by Unknown | Posted in , | Posted on

Spoiler itu adalah sebuah cara yang dipakai untuk menyembunyikan suatu link atau kumpulan link, kumpulan teks, gambar, seluruh atau sebagian isi dari postingan blog dan lain-lain dengan menggunakan kombinasi kode html dan javascript. Tujuannya adalah untuk menghemat space atau ruang dalam suatu postingan atau sidebar.

Keuntungan lain menggunakan spoiler adalah bisa mengurangi waktu loading, maksudnya adalah, jika kita menggunakan spoiler pada gambar, maka blog kita tidak akan terkena beban loading yang bisa memberatkan. Spoiler juga bisa digunakan untuk menyembunyikan video agar loadingnya tidak berat.

Contohnya pada postingan Nano Tehnologi, disitu isi blog dan gambar  saya sembunyikan dengan Spoiler, jadi bisa dibuka dan ditutup. Bisa dibayangkan jika  ditampilkan apa adanya tanpa spoiler maka akan memakan space dan keseluruhan postingan akan sangat panjang dan merusak tampilan blog.

Menyembunyikan konten tertentu dari sebuah halaman blog/website diperlukan untuk menghemat space. Ketika visitor ingin melihatnya mereka dapat dengan mudah menampilkannya. Begitupun dalam software forum semacam vBulletin, Spoiler pasti banyak digunakan.

Berikut kode yang biasa Saya gunakan dalam membuat spoiler di blog :

Ketika hal yang sama tidak bisa di lakukan pada blog UNIKOM, sama halnya seperti posting sebelumnya "cara memasukkan video pada blog UNIKOM". Tentunnya bukan bloger jika tidak penasaran dan terus mencoba (mungkin ada juga yg bilang kurang kerjaan :P). Ok, mari kita coba.......



1. Cara membuat Spoiler tanpa warna background.

Kodenya adalah :
2. Cara membuat Spoiler dengan border dan warna background.

Kodenya adalah :
Keterangan :

<div style=”color: #000000;= Ini untuk mengganti warna teks
background: #EBF3FB;       = Ini untuk mengganti warna background
border: 1px solid #AACCEE; = Ini untuk ukuran dan warna border

3. Cara membuat Spoiler untuk menyembunyikan gambar.

Kodenya adalah :
Silahkan ganti :
http://lh4.ggpht.com/_r043pttmZoQ/TWyILpvpd1I/AAAAAAAAAZE/52_xZRQA3ok/image_thumb%5B5%5D.png?imgmax=800 dengan URL gambar yang ingin disembunyikan.

OK, untuk Spoiler yang lainnya seperti Video, daftar link dan lain-lain baik di dalam postingan atau di sidebar tinggal disesuaikan, kodenya hampir sama.

Anda bisa menempatkan button di tengah dengan menambahkan kode ini <div align=”center”> pada baris kedua.
4.Cara membuat Spoiler untuk menyembunyikan video.
codenya:

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Comments (1)

sip gan, salam kenal

Post a Comment


Search Engine Optimization and SEO Tools
share
yahoo invisible
Powered by Blogger.