e-Paper Koran (Surat Kabar Harian) Gratis se-Indonesia

Posted by Unknown | Posted in , | Posted on

Membaca koran secara konvensional atau cara lama mungkin sudah biasa kita lakukan, tapi kalau membaca koran secara digital dengan format yang sama seperti ketika kita membaca secara konvensional atau cara lama (kertas/edisi cetak) mungkin jarang dilakukan, alasannya banyak mungkin karena tidak punya akses internet, tapi bagi yang punya dan tidak atau belum tahu tentang e-paper sebuah koran mungkin tidak ada salahnya mencoba.

Dengan semakin murahnya koneksi internet, informasi menjadi sangat mudah didapat. Bahkan media elektronik seperti Televisi kadang kalah cepat dalam memberitakan suatu peristiwa yang penting. Selain itu, sumber berita dari internet juga bisa dikatakan tidak terbatas. Hanya kadang kita perlu menyaring, berita dari sumber mana yang dapat kita percaya.

Lalu bagaimana dengan media cetak? Apakah dengan hadirnya internet semakin mengurangi jumlah oplah harian media ini? Pengaruh itu pasti ada, tapi dibalik itu, media cetak mampu memanfaatkan citra baik sebagai sumber berita yang dapat dipercaya dengan membuat situs online. Sungguh langkah yang cerdik. Bahkan tanpa takut oplah mereka semakin turun, sebagian media cetak berani menerbitkan epaper.

Apa itu epaper? Epaper adalah versi digital dari surat kabar cetak. Jadi yang kita lihat di epaper adalah sama persis dengan yang tercetak di surat kabar. Sebenarnya epaper pertama di Indonesia sudah terbit lebih dari setahun yang lalu, tapi tentu saja semakin lama semakin banyak media cetak yang mengikuti jejak menerbitkan epaper.


Keuntungan menggunakan layanan ini adalah kita tidak perlu berlangganan versi cetaknya jika kita memiliki jaringan/akses internet tentunya. Lebih hematkan karena hanya membayar akses internet saja. Sejauh ini yang aq jumpai tidak perlu bayar hanya perlu akses kealamatnya dan baca, kalo kompas harus daftar dulu tapi gratis juga. Lagi pula edisi yang ditampilkan adalah edisi hari ini alias edisi yang sama dengan versi cetaknya.
Sebagian besar media cetak ini menggunakan aplikasi softpressmedia, pressmart dan issuu untuk men-digital-kan koran mereka. Mau mencoba menikmati? Ini dia daftar epaper surat kabar harian di Indonesia :
Sebenarnya masih ada lagi, anda mau menambahkan?

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Comments (1)

http://myyemayo.blogspot.co.id/ Kursus Kecerdasan Pribadi Pertama di Indonesia sejak tahun 2005 - Kami memiliki 3 cabang di Jakarta (Pluit, Kelapa Gading, Meruya); namun untuk kemudahan informasi, silahkan menghubungi call center kami: Telephone atau WA: 081213551870 Line: yemayo_aec_jakarta RABU dan MINGGU kami tutup.

Post a Comment


Search Engine Optimization and SEO Tools
share
yahoo invisible
Powered by Blogger.